Rabu, 24 Juni 2015

Souvenir dan Oleh-oleh Cianjur

Souvenir dan Oleh-oleh

Hasil gambar untuk Cinderamata dari Bambu  cianjurnih mimin kasih tau oleh - oleh apa aja yang di cianjur mimin cuma tau segini nanti di cari lagi.. 








Cinderamata dari Bambu 


Hasil gambar untuk Cinderamata dari Bambu  cianjur


Kerajinan bambu merupakan keterampilan masyarakat Cianjur, khususnya di kecamatan Cibeber dan merupakan produksi berbagai jenis cindera mata dengan desain yang indah seperti meja dan kursi yang artistik yang dibuat dari bahan baku bambu dengan tingkat kerapihan dan nilai seni yang tinggi dan bernilai ekonomi produktif. Kerajinan ini telah mendapat penghargaan Nasional dan bagi mereka yang berminat untuk mengembangkan keterampilan, berinvestasi dan memakai atau memiliki hasil kerajinan dari bambu tersebut dapat datang langsung ke sanggar Bambu di Kecamatan Cibeber kurang lebih 9 Km atau 20 menit perjalanan dari kota Cianjur


Lampu Gentur 

Hasil gambar untuk Lampu Gentur  cianjur


Lentera Gentur merupakan sebuah produk kerajinan tangan berupa Lentera yang terbuat dari bahan Kuningan dengan kaca warna- warni dalam berbagai desain/bentuk yang unik, yang dihasilkan dari sebuah kampung bernama kampung Gentur Desa Jambudipa, di kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur. Lentera Gentur ini sangat terkenal dan memiliki keunikan tersendiri, yang dibuat oleh masyarakat pesantren yang ada di kampung Gentur Desa Jambudipa Kecamatan warungkondang atau kurang lebih 7 Km dengan jarak tempuh 20 menit dari kota Cianjur. 


Sangkar Burung

Hasil gambar untuk Sangkar Burung cianjur


Pengrajin sangkar burung merupakan salah satu kerajinan yang bernilai ekonomis produktif yang dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat local dengan keterampilan yang khas, produktif menarik dan hasil kerajinannya berupa berbagai jenis, model dan ukuran sangkar burung untuk memenuhi permintaan konsumen. Cocok untuk dipasang di ruang istirahat, kerajinan ini telah mendapatkan penghargaan Nasional, dan tempat pembuatan kerajinan tersebut berada di Kp. Kabandungan Desa Maleber Kecamatan Karang tengah Cianjur.

Wayang Golek

Hasil gambar untuk Wayang Golek


Wayang golek merupakan salah satu kerajinan tangan yang terbuat dari kayu pilihan yang memiliki tujuan sebagai sarana pertunjukan kesenian sunda yang sarat dengan pesan moral, dimana boneka kayu ini dapat digerakan seperti manusia oleh seorang ahli atau yang disebut DALANG, wayang golek ini oleh pengrajin dari daerah Ciranjang Cianjur .




Manisan Cianjur

Hasil gambar untuk Oleh-oleh Cianjur


Manisan Cianjur merupakan salah satu makanan favorit bagi para pengunjung, karena rasa yang khas, yang dibuat dari berbagai jenis buah-buahan seperti : Mangga, salak, Kedondong, Pala, Chery dan lain-lain. Sangat baik bagi makanan penyegar yang bervitamin tinggi, dan makanan ini adalah sebagai oleh-oleh khas Cianjur yang istimewa dan banyak disukai oleh semua keluarga, makanan ini nerupakan kreasi peranakan Cina di daerah ini, pertama kali dipelopori oleh Toko Mulia Sari sekitar tahun 1940- an, makanan ini bisa diperoleh sama hal nya dengan Tauco Cianjur, yaitu di Toko-Toko makanan yang ada di sepanjang jalan Kota Cianjur.



Tauco Cianjur

Hasil gambar untuk Oleh-oleh Cianjur


Tauco adalah makanan khas Cianjur yang termashur, yang merupakan hasil olahan fermentasi kacang kedelai pilihan dan diolah sedemikian rupa secara tradisional, penyedap makanan ini berasal dari negeri China, yang dikembangkan di Kabupaten Cianjur oleh salah seorang Pengusaha keturunan china pada tahun 1880. Dan sejak itu Tauco sudah menjadi trade mark Kabupaten Cianjur. Makanan ini dapat anda jumpai di Toko-toko makanan sebagai oleh-oleh khas Cianjur, salah satu tempat pembuatan sekaligus tempat jualan nya yaitu buatan NY. TASMA terletak di Jl. HOS Cokroaminot


Beras Pandan Wangi

Beras asli ini dihasilkan dari sawah atau ladang-ladang yang ada di Wilayah Kabupaten Cianjur, khususnya Kecamatan warungkondang sebagai daerah yang menghasilkan beras Pandanwangi terbaik, keistimewaan beras ini adalah wangi aromanya, pulen dan enak rasanya serta putih bersih warnanya, komoditi ini merupakan unggulan hasil pertanian Kabupaten Cianjur yang terkenal dengan dengan beras terbaik di Indonesia dan sudah terkenal kemancanegara. Beras ini sangat mudah diperoleh di toko-toko dan gudang beras yang tersebar di seluruh wilayah desa dan kota Cianjur.




sumber : disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar